Sejarah

Sejalan dengan perkembangan pembangunan dan semangat reformasi, BPK juga mengalami berbagai perkembangan. Hal ini terlihat pada perubahan UUD 1945 Pasal 23 Ayat (5) yang telah ditambah beberapa pasal yaitu Pasal 23 E, 23 F dan 23 G yang semakin memperkuat kedudukan BPK. Terutama pada Pasal 23 G Ayat (1) yang menyatakan bahwa Badan Pemeriksa Keuangan berkedudukan di ibu kota negara dan memiliki perwakilan di setiap provinsi. Salah satu perwakilan yang baru didirikan sebagai pelaksanaan dari amanat UUD 45 adalah BPK Perwakilan Provinsi Bangka Belitung. BPK Perwakilan Provinsi Bangka Belitung ini dibuka/diresmikan pada tanggal 25 Juli 2008 oleh Wakil Ketua BPK  Bapak H. Abdullah Zainie, SH yang juga dihadiri oleh Angbintama V Bapak Hasan Bisri, SE, MM dengan sebutan Perwakilan BPK di Pangkalpinang. Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan No.06/K/I-XIII.2/10/2008 tanggal 24 Oktober 2008, nama Perwakilan BPK  di Pangkalpinang berubah menjadi Kantor Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan No.01/K/I.XIII.2/1/2009 tanggal 13 Januari 2009 diubah menjadi BPK  Perwakilan Provinsi Bangka Belitung. BPK Perwakilan Provinsi Bangka Belitung merupakan pecahan dari BPK  Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan. Pada saat Perwakilan BPK  untuk wilayah Provinsi Sumatera Selatan pertama kali dibuka, Perwakilan BPK baru berupa Subauditorat dengan struktur organisasi sebagai berikut:

– Kepala Subauditorat Perwakilan
– Kepala Seksi Provinsi Sumatera Selatan
– Kepala Seksi Provinsi Bengkulu dan Jambi

Subauditorat BPK di Palembang resmi disahkan menjadi BPK  Perwakilan II di Palembang pada tanggal 17 Januari 2002. Hampir bersamaan dengan peresmian itu diresmikan pula Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang disahkan pada tanggal 9 Februari 2002 dengan UU No. 27 tahun 2000 tanggal 4 Desember 2000. Dengan demikian struktur organisasi Perwakilan II di Palembang terdiri dari:

– Kepala Perwakilan
– Kepala Sekretariat
– Kepala Sub Auditorat II.A
(Provinsi Sumatera Selatan dan Kep Bangka Belitung)
– Kepala Sub Auditorat II.B
(Provinsi Jambi, Bengkulu dan Lampung)
– Kepala Seksi Prov Jambi dan Kep Babel
– Kepala Seksi Prov Sumsel
– Kepala Seksi Prov Bengkulu
– Kepala Seksi Prov Kepulauan Bangka Belitung
– Kepala Seksi Prov Lampung
– Kepala Subbagian Keuangan
– Kepala Subbagian Kepegawaian
– Kepala Subbagian Umum

Peresmian Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini dihadiri oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Wakil Gubernur Bapak Syamsudin Basari yang dalam pidatonya menyatakan menyambut gembira atas dibukanya BPK Perwakilan Provinsi Bangka Belitung dan mengharapkan kerjasama yang baik untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah-masalah penyimpangan keuangan yang ada pada Pemerintah Daerah. BPK  Perwakilan Provinsi Bangka Belitung pertama kali menempati gedung milik PT Timah. Tbk yang bertempat di Jalan Jend. Sudirman No. 51, Pangkalpinang.